SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI NAGARI TOBOH GADANG BARAT MEDIA INFORMASI PEMERINTAHAN NAGARI

Artikel

Tugas Pokok dan Fungsi Pemerintahan Nagari

31 Januari 2019 16:12:32  Pemerintahan Nagari  6.638 Kali Dibaca 

TUGAS POKOK DAN FUNGSI PEMERINTAH NAGARI

 WALI NAGARI

(1). Wali Nagari berkedudukan sebagai Kepala Pemerintah Nagari yang memimpin penyelenggaraan Pemerintahan Nagari.

(2). Wali Nagari bertugas menyelenggarakan Pemerintahan Nagari, melaksanakan pembangunan, pembinaan
        kemasyarakatan, dan pemberdayaan masyarakat.

(3). Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (2) Wali Nagari memiliki fungsi-fungsi sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan Pemerintahan Nagari, seperti tata praja Pemerintahan, penetapan peraturan di Nagari, pembinaan masalah pertanahan, pembinaan ketentraman dan ketertiban, melakukan upaya perlindungan masyarakat, administrasi kependudukan, dan penataan dan pengelolaan wilayah.
  2. Melaksanakan pembangunan, seperti pembangunan sarana prasarana perdesaan, dan pembangunan bidang pendidikan, kesehatan.
  3. Pembinaan kemasyarakatan, seperti pelaksanaan hak dan kewajiban masyarakat, partisipasi masyarakat, sosial budaya masyarakat, keagamaan, dan ketenagakerjaan.
  4. Pemberdayaan masyarakat, seperti tugas sosialisasi dan motivasi masyarakat di bidang budaya, ekonomi, politik, lingkungan hidup, pemberdayaan keluarga, pemuda, olahraga, dan karang taruna.
  5. Menjaga hubungan kemitraan dengan lembaga masyarakat dan lembaga lainnya.

 

SEKRETARIS NAGARI

(1). Sekretaris Nagari berkedudukan sebagai unsur pimpinan Sekretariat Nagari.

(2). Sekretaris Nagari bertugas membantu Wali Nagari dalam bidang administrasi pemerintahan.

(3). Untuk melaksanakan tugas sebagaimana yang dimaksud pada ayat (2), Sekretaris Nagari mempunyai fungsi:

  1. Melaksanakan urusan ketatausahaan seperti tata naskah, administrasi surat menyurat, arsip, dan ekspedisi.
  2. Melaksanakan urusan umum seperti penataan administrasi perangkat Nagari, penyediaan prasarana perangkat Nagari dan kantor, penyiapan rapat, pengadministrasian aset, inventarisasi, perjalanan dinas, dan pelayanan umum.
  3. Melaksanakan urusan keuangan seperti pengurusan administrasi keuangan, administrasi sumber-sumber pendapatan dan pengeluaran, verifikasi administrasi keuangan, dan administrasi penghasilan Wali Nagari, Perangkat Nagari, Bamus Nagari, dan lembaga pemerintahan Nagari lainnya.
  4. Melaksanakan urusan perencanaan seperti menyusun rencana APB Nagari, menginventarisir data-data dalam rangka pembangunan, melakukan monitoring dan evaluasi program, serta penyusunan laporan.

 

KEPALA SEKSI

  • Kepala seksi berkedudukan sebagai unsur pelaksana teknis.
  • Kepala seksi bertugas membantu Wali Nagari sebagai pelaksana tugas operasional.
  • Untuk melaksanakan tugas Kepala Seksi mempunyai fungsi:
  1. Kepala seksi pemerintahan mempunyai fungsi melaksanakan manajemen tata praja Pemerintahan, menyusun rancangan regulasi Nagari, pembinaan masalah pertanahan, pembinaan ketentraman dan ketertiban, pelaksanaan upaya perlindungan masyarakat, kependudukan, penataan dan pengelolaan wilayah, serta pendataan dan pengelolaan Profil Nagari.
  2. Kepala seksi kesejahteraan mempunyai fungsi melaksanakan pembangunan sarana prasarana perdesaan, pembangunan bidang pendidikan, kesehatan, dan tugas sosialisasi serta motivasi masyarakat di bidang budaya, ekonomi, politik, lingkungan hidup, pemberdayaan keluarga, pemuda, olahraga, dan karang taruna.
  3. Kepala seksi pelayanan memiliki fungsi melaksanakan penyuluhan dan motivasi terhadap pelaksanaan hak dan kewajiban masyarakat, meningkatkan upaya partisipasi masyarakat, pelestarian nilai sosial budaya masyarakat, keagamaan, dan ketenagakerjaan.

WALI KORONG

(1). Wali Korong berkedudukan sebagai unsur satuan tugas kewilayahan yang bertugas membantu Wali Nagari dalam
         pelaksanaan tugasnya di wilayahnya.

(2). Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (2) Wali Korong memiliki fungsi:

  1. Pembinaan ketentraman dan ketertiban, pelaksanaan upaya perlindungan masyarakat, mobilitas kependudukan, dan penataan dan pengelolaan wilayah.
  2. Mengawasi pelaksanaan pembangunan di wilayahnya.
  3. Melaksanakan pembinaan kemasyarakatan dalam meningkatkan kemampuan dan kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungannya.
  4. Melakukan upaya-upaya pemberdayaan masyarakat dalam menunjang kelancaran penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan.

Perbub No. 18 Tahun 2018 : 

(PI-TGB)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Peta Wilayah Sintuk Toboh Gadang

Wilayah Nagari

Lokasi Kantor Nagari


Kantor Desa
Alamat : Jl. Ruas Simpang Tugu Toboh - Tapakis Korong Toboh Cubadak
Nagari : Toboh Gadang Barat
Kecamatan : Sintuak Toboh Gadang
Kabupaten : Padang Pariaman
Kodepos : 25582
Telepon :
Email : tobohgadangbarat04@gmail.com

Aparatur Nagari

Back Next

Sinergi Program

Pemkab Padang Pariaman Dukcapil Padang Pariaman Kominfo
Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia BMKG Badan Pusat Statistik
Siak Sipakem

Agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Video

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:79
    Kemarin:29
    Total Pengunjung:83.591
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:172.25.88.3
    Browser:Mozilla 5.0

Arsip Artikel

23 Oktober 2019 | 17.558 Kali
Beberapa Pertanyaan Terkait Pajak DD dan ADD
19 Juli 2019 | 6.956 Kali
Sejarah Nagari
31 Januari 2019 | 6.638 Kali
Tugas Pokok dan Fungsi Pemerintahan Nagari
29 Juli 2013 | 6.167 Kali
Struktur Organisasi Serta Tugas dan FUngsi Badan Musyawarah Nagari (BAMUS)
12 September 2018 | 5.968 Kali
Profil Wali Nagari Toboh Gadang Barat
31 Agustus 2018 | 5.962 Kali
Layanan Publik
29 Juli 2013 | 5.942 Kali
Profil Desa

Prakiraan Cuaca

booked.net

POLLING KEPUASAN MASYARAKAT