SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI NAGARI TOBOH GADANG BARAT MEDIA INFORMASI PEMERINTAHAN NAGARI

Artikel

Sosialisasi Kesehatan di Lingkungan Pemerintahan Nagari Toboh Gadang Barat

24 September 2019 09:28:00  Pemerintahan Nagari  61 Kali Dibaca  Berita Nagari

Sosialisasi Kesehatan di Lingkungan Pemerintahan Nagari Toboh Gadang Barat


Toboh Cubadak, 24 September 2019

Dalam rangka mewujudkan kesehatan di tengah masyarakat, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Kecamatan Sintuk Toboh Gadang, Kabupaten Padang Pariaman mengadakan Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) diikuti berbagai elemen masyarakat, Rabu (24/9/2019) bertempat di Surau Korong Toboh Cubadak.

Musyawarah yang dipimpin Wali Nagari Toboh Gadang Barat, Eko Pebrianto ini juga dihadiri beberapa elemen masyarakat lainnya dan unsur pemerintahan yang ada di wilayah ini, seperti Camat Sintuk Toboh Gadang, Kepala UPTD Puskesmas Sintuk Drg Fidiah beserta jajarannya, Bhabinkamtibmas Nagari Toboh Gadang Barat, Perangkat Nagari Toboh Gadang Barat, Wali Korong Senagari Toboh Gadang Barat dan beberapa tokoh masyarakat.

Dalam acara kali ini, ada beberapa agenda yang dilaksanakan, yaitu penyampaian sosialisasi tentang kesehatan dan berbagai hal yang berkaitan dengan ketertiban dan keamanan masyarakat, penyuluhan tentang Bahaya HIV Aids, Bahaya Stunting, Bahaya TBC dan sosialisasi penggunaan perangkat IT yang baik juga benar.

Camat Sintuk Toboh Gadang, Asyari, S.Pd dalam sambutannya mengajak seluruh elemen masyarakat yang hadir termasuk kader kesehatan, agar juga tidak dengan mudah memberikan handphone apalagi jenis android kepada anak-anaknya terutama yang masih di bawah umur. “Berilah buk pak HP yang hanya untuk menerima panggilan atau yang bisa untuk sms aja,” imbuh Asyari, S.Pd.

Sementara untuk sosialisasi kesehatan kepada masyarakat, Kepala UPTD Puskesmas Kecamatan Sintuk Toboh Gadang sebagai Narasumber dalam Sosialisasi tentang Kesehatan ini.

Dalam menyampaikan materi sosialisasi, Drg. Fidiah membahas berbagai masalah kesehatan dan menyampaikan secara detail tentang bahaya Penyakit Menular TB, HIV Aid, Kusta, Penyakit Tidak Menular, Hipertensi, DM, Bayi Balita Gizi Kurang/Gizi Buruk, Stunting, Bumil KEK dan Anemi, KK tidak memiliki jamban, merokok, didalam dan luar rumah dari kegiatan survey lapangan pelacakan kasus, program PIS PK dan penimbangan masal pada bulan agustus 2019 di lingkungan Masyarakat. serta fungsi dan manfaat Jamkesmas, Jamkesda, Kartu Sehat dan BPJS.

“Jangan sampai ada masyarakat yang belum terdata untuk mendapatkan jaminan kesehatan, karena masyarakat Nagari Toboh Gadang Barat benar benar sudah memilii kartu kesehatan baik bPJS ataupun Kartu kesehatan Bagi masyarakat yang kurang mampu,” terang Drg. Fidiah.

Bagi yang sudah mendapatkan Kartu KIS atau BPJS,  menjelaskan, jika ingin mendapatkan pelayanan kesehatan akan selalu dilayani sesuai dengan aturan dan perosudur yang berlaku.

Drg Fidiah menyebutkan, ada beberapa poin bidang kesehatan yang belum terwujud secara maksimal di Nagari Toboh Gadang Barat, yakni diantaranya tentang bayi sehat, ibu melahirkan, cara-cara menyusukan anak,  makanan tambahan bagi bayi dan ibu sehat setelah melahirkan.

Dalam acara yang berlangsung lancar dan sukses ini, Drg Fidiah juga membuka sesi Tanya jawab kepada masyarakat terkait dengan Bahaya HIV aids, TBC dan Stunting. 

Pada Penutupan Acara Sosialisasi tentang kesehatan di Nagari Toboh Gadang Barat UPTD Puskesmas Sintuk Kecamatan Sintuk Toboh Gadang memberikan apresiasi kepada masyarakat yang melakukan imunisasi dan kontrol terhadap bayi dan balita secara teratur berupa pemberian Piagam Penghargaan dengan begitu diharapkan masyarakat yang lain juga megikuti hal yang sama dalam menjaga kesehatan ibu dan bayi.


Sambutan dari Camat Sintuk Toboh Gadang


Serah terima Piagam Penghargaan dari Wali Nagari ibu dan Bayi


Serah terima piagam

(PI-TGB)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Peta Wilayah Sintuk Toboh Gadang

Wilayah Nagari

Lokasi Kantor Nagari


Kantor Desa
Alamat : Jl. Ruas Simpang Tugu Toboh - Tapakis Korong Toboh Cubadak
Nagari : Toboh Gadang Barat
Kecamatan : Sintuak Toboh Gadang
Kabupaten : Padang Pariaman
Kodepos : 25582
Telepon :
Email : tobohgadangbarat04@gmail.com

Aparatur Nagari

Back Next

Sinergi Program

Pemkab Padang Pariaman Dukcapil Padang Pariaman Kominfo
Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia BMKG Badan Pusat Statistik
Siak Sipakem

Agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Video

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:10
    Kemarin:58
    Total Pengunjung:57.668
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:172.25.88.3
    Browser:Mozilla 5.0

Arsip Artikel

23 Oktober 2019 | 8.078 Kali
Beberapa Pertanyaan Terkait Pajak DD dan ADD
19 Juli 2019 | 6.456 Kali
Sejarah Nagari
31 Januari 2019 | 6.349 Kali
Tugas Pokok dan Fungsi Pemerintahan Nagari
29 Juli 2013 | 6.157 Kali
Struktur Organisasi Serta Tugas dan FUngsi Badan Musyawarah Nagari (BAMUS)
12 September 2018 | 5.952 Kali
Profil Wali Nagari Toboh Gadang Barat
31 Agustus 2018 | 5.932 Kali
Layanan Publik
12 September 2018 | 5.927 Kali
Profil Perangkat Nagari

Prakiraan Cuaca

booked.net

POLLING KEPUASAN MASYARAKAT